30-60-90 Days Plan : Strategi untuk Fresh Graduate
30-60-90 Days Plan: Strategi untuk Fresh Graduate - Sebagai fresh graduate, Anda tentu akan berhadapan dengan situasi dan suasana baru yang sangat berbeda. Banyak dari kita yang kemudian merasa takut mencoba hal baru karena kurangnya pengalaman. Rencana 30-60-90 adalah metode yang untuk memproyeksikan diri Anda secara konkret dalam tiga bulan pertama pekerjaan baru Anda dan yang terpenting, meyakinkan perekrut selama wawancara kerja. Seperti yang kita ketahui, perekrut menghargai kandidat yang mempersiapkan dengan baik untuk wawancara. Dengan mengerjakan rencana 30-60-90, Anda membuktikan kepada calon atasan Anda bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk belajar, memahami sektor bisnisnya beroperasi dan posisi pada perusahaan. Seperti apakah 30-60-90 Days Plan: Strategi untuk Fresh Graduate? Yuk simak rangkuman Campusnet
Sumber: americanexpress.com
Manfaat 30-60-90 days plan?
Berikut adalah beberapa manfaat menerapkan rencana 30-60-90 days plan :
1. Fokus
Menciptakan fokus yang jelas untuk 90 hari pertama Anda bekerja memastikan bahwa tindakan harian Anda akan produktif.
2. Penetapan Sasaran
Sasaran yang Anda tetapkan dalam rencana 30-60-90 hari akan membantu Anda berintegrasi dengan cepat dan lancar ke dalam organisasi.
3. Sukses
Atasan Anda akan melihat bahwa Anda mampu mengelola diri sendiri dan mencapai tujuan. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang layak untuk dikembangkan.
Bagaimana cara membuat 30-60-90 days plan?
Seperti pada penjelasan sebelumnya, konsep perencanaan ini kerap berguna untuk mempersiapkan wawancara atau pekerjaan baru. Hal ini membantu Anda dalam menciptakan fokus yang tepat dalam periode waktu tertentu. Lantas bagaimana merancanakan konsep 30-60-90 days plan dengan baik?
1. Buat Draf Template
Buatlah template untuk mengelola rencana 30-60-90 hari Anda. Template Anda harus memiliki ruang untuk tujuan Anda selama 30, 60 dan 90 hari, ruang untuk berbagai jenis tujuan dan ruang untuk tindakan untuk mencapai tujuan Anda.
2. Tentukan Tujuan
Tentukan tujuan Anda untuk posisi baru Anda. Ini harus menjadi penting karena hal in merupakan tujuan pembelajaran, tujuan kinerja atau tujuan pribadi. Buat daftar tujuan umum dan kemudian urutkan ke dalam kategori yang sesuai pada template Anda.
3. Identifikasi Target 30 Hari
Lihatlah daftar tujuan pembelajaran, pribadi, dan kinerja Anda. Identifikasi pengetahuan atau tujuan berbasis pembelajaran. 30 hari pertama di tempat kerja harus didedikasikan untuk belajar tentang perusahaan dan peran spesifik.
4. Identifikasi Target 60 Hari
Identifikasi tujuan yang terkait dengan kontribusi. Sasaran ini harus bergantung pada penerapan pengetahuan yang diperoleh selama 30 hari pertama. 30 hari kerja kedua harus fokus untuk berkontribusi pada misi perusahaan.
5. Identifikasi Target 90 Hari
Mengidentifikasi tujuan yang terkait dengan kepemimpinan. 30 hari terakhir harus fokus pada penggunaan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam 60 hari pertama untuk memimpin tim secara tepat dan efektif.
6. Lakukan Tindakan
Lihatlah kembali tujuan Anda. Buatlah daftar item tindakan yang dapat digunakan untuk menilai apakah Anda telah memenuhi tujuan Anda atau tidak. Hal ini ni harus terukur dan dapat dicapai.
Dalam konsep ini melakukan perincian menjadi hal yang paling penting. Lakukanlah analisa mendalam diri kamu berdasarkan skala prioritas terbesar. Semoga artikel 30-60-90 Days Plan: Strategi untuk Fresh Graduate bermanfaat ya!